Apa itu SIMSOFT HMS?
SIMSOFT Hotel Management System (HMS) adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mendata tamu check in sampai dengan pembuatan laporan laba rugi dan neraca. SIMSOFT HMS cocok dipakai hotel bintang empat kebawah.
SIMSOFT HMS merupakan aplikasi 100% buatan Indonesia. Sistem pembelian aplikasi ini adalah beli putus. Dimana tidak ada biaya apapun lagi yang dikenakan dimasa yang akan datang. Pembeli diberikan CD Instalasi Program, sehingga pembeli mempunyai hak penuh untuk:
1. Menambah jumlah kamar
2. Menambah jumlah komputer
3. Menambah jumlah pengguna
4. Bebas dari biaya update dan pemeliharaan
Modul pada SIMSOFT HMS
SIMSOFT HMS terdiri dari banyak modul, setiap modul dapat dibeli secara terpisah.
1. SIMSOFT HMS Frontdesk
Dipakai di front office untuk mendata tamu check in dan check out serta mencetak invoice tamu. Seluruh operasional penjualan kamar dan penanganan tamu dilakukan pada modul ini.
2. SIMSOFT HMS Hausekeeping
Dipakai oleh petugas housekeeping untuk mengupdate status kamar. Setelah tamu check out,status kamar harus diupdate terlebih dahulu baru kamar bisa dijual kembali.
3. SIMSOFT HMS Manager
Dipakai oleh Manager untuk melakukan pengaturan penggunaan program, penambahan nama pengguna baru, penambahan tarif kamar dan penambahan data referensi program lainnya.
4. SIMSOFT HMS Resto
Untuk mendata penjualan makanan dan minuman di restoran.
5. SIMSOFT HMS Bar
Untuk mendata penjualan minuman di bar atau kafe.
6. SIMSOFT HMS Loundry
Untuk pendataan penjualan jasa cucian pakaian dari tamu hotel.
7. SIMSOFT HMS Drugstore
Untuk mendata penjualan barang-barang kebutuhan tamu yang dijual oleh hotel
8. SIMSOFT HMS Bisnis Center
Untuk mendata penjualan usaha jasa lainnya yang disediakan/disewakan oleh hotel
9. SIMSOFT HMS Banquet
Untuk penjualan ruangan rapat dan kamar dari tamu group atau perusahaan.
10. SIMSOFT HMS Accounting
Untuk pencatatan semua transaksi penerimaan, pengeluaran, pembelian dan pembayaran yang dilakukan oleh bagian akuntansi.
Fitur Unggulan SIMSOFT HMS
SIMSOFT HMS memiliki fitur sebagai berikut:
1. Terintegrasi dengan kunci hotel Smart Card Lock.
Jika hotel anda sudah menggunakan kunci hotel smart card lock, SIMSOFT HMS dapat diintegrasikan dengan kunci tersebut. Syarat untuk mengintegrasikan SIMSOFT HMS dengan kunci adalah ketersediaan Software Deploment Kits (SDK) dari penjual kunci. Sebagai catatan, saat ini banyak merek kunci hotel smart card lock yang beredar di Indonesia, tetapi tidak semua merek kunci tersebut bagus dan dapat diintegrasikan. Integrasi ini nantinya memudahkan petugas dalam mendata dan membuat kunci tamu. Batasan integrasi dengan kunci hotel smart card lock ini hanya membuat kunci tamu. Pembuatan kunci master, kunci lantai dan kartu sejenis lainnya tetap menggunakan program bawaan kunci.
2. Bebas menambah kamar atau pengguna.
Pembeli SIMSOFT HMS dapat menambah kamar dan nama pengguna (user pengguna aplikasi) secara bebas tanpa batasan.
3. Bebas menambah harga penjualan.
Pembeli SIMSOFT HMS dapat menambah harga penjualan untuk kamar, makanan, minuman dan lainnya tanpa batasan.
4. Pembatasan hak pengguna.
SIMSOFT HMS dapat membatasi hak pengguna program. Pembatasan hak dibagi atas 2 pembatasan, yaitu apakah pengguna dapat menggunakan modul tertentu, dan apakah pengguna dapat mengunakan suatu menu dalam modul yang diperbolehkan.
5. Jenis printer yang dapat digunakan.
Semua printer yang sudah didukung oleh sistem operasi Windows dapat digunakan oleh SIMSOFT HMS. SIMSOFT HMS juga mendukung penggunaan printer kasir (Khusus merek Epson). Semua invoice tamu dapat dicetak dengan printer kasir .
6. Penanganan Reservasi online.
SIMSOFT HMS mampu menangani reservasi online. SIMSOFT HMS TIDAK dapat terintegrasi dengan website reservasi online seperti www.agoda.com, www.booking.com, dan lainnya. Apabila ada reservasi melalui website tersebut, hotel akan menerimanya via email. Petugas hotel mendata reservasi ini pada SIMSOFT HMS secara manual.
7. Rekening tamu reservasi online.
SIMSOFT HMS mampu menangani rekening tamu reservasi online. SIMSOFT HMS akan membedakan mana rekening tagihan yang akan ditagihkan kepada pihak ketiga (Pembayaran dilakukan melalui modul akuntansi) dan rekening tamu yang dibayar oleh tamu langsung. Tamu juga dapat meng-upgrade harga kamar yang lebih tinggi dengan memabayar biaya upgrade kamar.
8. Reservasi oleh perusahaan
SIMSOFT HMS mampu menangani rekening perusahaan. SIMSOFT HMS akan membedakan mana rekening tagihan yang akan ditagihkan kepada pihak ketiga (Pembayaran dapat dilakukan melalui modul akuntansi) dan rekening tamu yang dibayar oleh tamu langsung.
9. Transfer tagihan.
SIMSOFT HMS dapat menangani rekening tamu dengan cara melakukan transfer tagihan tamu ke kamar lain, perusahaan ataupun cityledger.
10. Diskon dan komplemen.
SIMSOFT HMS dapat memberi diskon dan komplemen (tagihan tidak dibayar tamu).
11. Metode penjualan kamar.
SIMSOFT HMS dapat menjual kamar dengan metode per jam, perpaket (beberapa jam), perhari, perbulan dan pertahun.
12. Pembayaran di depan dan deposit.
SIMSOFT HMS dapat menangani pembayaran di depan sebelum tamu check in. Hal ini juga berlaku juga untuk perpanjangan hari. Pembayaran di depan ini dapat ditambahkan dengan deposit sebesar jumlah tertentu. Apabila hotel dilengkapi dengan kunci hotel smart card lock, maka apabila tidak ada pembayaran tamu terlebih dahulu maka kunci untuk kamar tamu tidak dapat dibuat.
13. Sistem point tamu.
SIMSOFT HMS dapat menggunakan sistem point dalam kunjungan tamu. Point ini berguna untuk mendata berapa kali tamu sudah menginap dihotel. Apabila telah mencapai point tertentu, kepada tamu diberi bonus berupa menginap secara gratis.
14. Pencatatan kelebihan penggunaan listrik.
SIMSOFT HMS dapat mencatat penggunaan listrik di kamar. Biasanya jka memakai listrik lebih banyak dari yang ditentukan, tamu dikenakan biaya tambahan berupa kelebihan pemakaian listrik. SIMSOFT HMS dapat mencatat Kwh awal sewaktu tamu check in dan sewaktu tamu check out. Selisih Kwh itulah yang menjadi tagihan tamu.
15. Penyimpanan file digital.
SIMSOFT HMS dapat menyimpan foto KTP/identitas tamu secara langsung dari kamera webcam. File gambar KTP/Identitas tamu akan disimpan secara digital. hal ini akan memberikan kemudahan bagi hotel dalam memyimpan arsip tamu.
16. Penggunaan/pengurangan barang inventaris dari penjualan.
SIMSOFT HMS mampu menangani penjualan restoran, minuman, drugstore, loundry dan lainnya. SIMSOFT HMS TIDAK mendata penggunaan bahan persediaan hotel secara otomatis ketika pemesanan makanan terjadi. SIMSOFT HMS dapat mendata jumlah penjualan drugstore (minuman botol) dan mengurangi jumlah stock yang ada.
17. Penyetoran penerimaan oleh kasir.
Setiap kasir (Front Office, Outlet) melakukan penyetoran jumlah uang tunai yang diterimanya.
18. Rekapitulasi penjualan hotel.
SIMSOFT HMS mampu menampilkan rekapitulasi penjualan hotel baik penjualan kamar, resto, bar, dan penjualan lainnya baik untuk penjualan yang sudah dibayar ataupun yang belum dibayar.
19.Pembelian barang kebutuhan hotel.
SIMSOFT HMS mampu menangani pembelian barang suppliyer, pembelian barang habis pakai, pembelian barang inventaris, pembayaran hutang, penyetoran antar rekening dan lainnya untuk membantu bagian akuntansi dalam melakukan tugasnya. SIMSOFT HMS cocok untuk hotel yang memiliki petugas akuntansi sebanyak 1-3 orang.
20. Mampu menampilkan laporan keuangan standar hotel.
SIMSOFT HMS mampu menampilkan laporan keuangan standar berupa jurnal penjualan, jurnal penerimaan, laporan laba rugi dan neraca hotel secara langsung dan cepat.
Harga SIMSOFT HMS
SIMSOFT HMS terdiri dari beberapa modul, setiap modul dapat dibeli secara terpisah.
SIMSOFT HMS Frontdesk | Rp. 20.000.000,00 |
SIMSOFT HMS Hausekeeping | Rp. 7.500.000,00 |
SIMSOFT HMS Manager | Rp. 20.000.000,00 |
SIMSOFT HMS Resto | Rp. 7.500.000,00 |
SIMSOFT HMS Bar | Rp. 7.500.000,00 |
SIMSOFT HMS Loundry | Rp. 7.500.000,00 |
SIMSOFT HMS Drugstore | Rp. 7.500.000,00 |
SIMSOFT HMS Bisnis Center | Rp. 7.500.000,00 |
SIMSOFT HMS Banquet | Rp. 7.500.000,00 |
SIMSOFT HMS Accounting | Rp. 20.000.000,00 |
Untuk kebutuhan standard hotel, modul yang dibeli minimal terdiri dari:
1. SIMSOFT HMS Frontdesk
2. SIMSOFT HMS Housekeeping
3. SIMSOFT HMS Manager
Untuk modul lainnya dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan hotel.
Tata cara pembelian SIMSOFT HMS
Pembeli diharuskan melakukan pembayaran pertama sebesar 50% dari total harga. Setelah melakukan pembayaran pertama, CD aplikasi akan segera dikirim via TIKI/JNE atau Pos Tercatat. Pembeli dapat melakukan instalasi program sendiri dengan mengikuti video yang disertai pada CD atau website ini.
Setelah 7 sampai 14 hari sejak CD diterima/diintall di hotel, Jika diperlukan kami akan melakukan training. Pembeli wajib melakukan pembayaran kedua sebesar 50% setelah 30 hari sejak trainning/instalasi dilakukan.
Metode pembayaran sebanyak dua kali ini hanya berlaku untuk pembelian aplikasi dengan harga normal. Apabila pada waktu tertentu kami memberikan diskon, maka pembayaran pembelian aplikasi yang sudah diberi diskon hanya dapat dilakukan satu kali (100%). Sebelum membeli, mintalah surat perjanjian pembelian SIMSOFT HMS dan SIMSOFT Lock. Perjanjian ini berisikan hak dan kewajiban dari pembeli dan penjual serta tata cara pembayaran.
Hal-hal yang perlu diketahui calon pembeli
Kami tidak menyediakan aplikasi trial/demo, sebagai gantinya kami menyediakan video penggunaan aplikasi yang dapat dilihat pada website ini.
Kami tidak memberikan presentasi secara gratis. Setiap presentasi secara langsung dan tatap muka dikenakan biaya presentasi. Biaya presentasi belum termasuk biaya transportasi dari Jakarta ke tempat tujuan presentasi. Biaya presentasi sebesar Rp. 2.000.000,00. Pembayaran biaya presentasi dilakukan terlebih dahulu. Apabila setelah presentasi ternyata jadi membeli program, maka harga program akan dikurangi sebesar biaya presentasi.
Training dilakukan pada saat pembelian aplikasi tidak dikenakan biaya. Training dilakukan kembali setelah training pertama dilakukan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000.000,00. Pembayaran biaya training dilakukan terlebih dahulu. Training dilakukan hanya selama 2 hari kalender/kerja. Biaya transportasi dari Jakarta dan akomodasi lainnya ditanggung pembeli.
Apabila terjadi kerusakan PC atau gangguan lainnya, kami dapat memberikan bantuan secara gratis dengan cara melakukan remote PC dari Jakarta. Bantuan ini tidak dikenakan biaya dan dapat dilakukan jika ada sambungan internet di hotel.
Update aplikasi tidak dikenakan biaya, pengiriman aplikasi melalui remote PC atau email.
Layanan purna jual
Kami memberikan layanan purna jual sebagai berikut:
1. Tidak ada biaya maintance aplikasi atau kunci.
Pembeli dapat melakukan maintance aplikasi sendiri. Maintance aplikasi SIMSOFT HMS hanya perlu dilakukan untuk database yang digunakan. Maintance ini dapat dilakukan per 6 bulan atau pertahun. Hal ini terganjung pada jumlah kamar hotel. Makin banyak jumlah kamar, maka isi database juga makin besar. Maintance database terdiri dari tindakan mengoptimalisasi database, memperbaiki data database, menghapus data database baik sebagian atau keseluruhan. Maintance juga dapat berupa backup dan restore database. Fitur maintance database terdapat pada SIMSOFT HMS.
2. Tidak ada biaya update untuk jenis aplikasi yang sama.
Pembeli menerima update aplikasi yang sejenis sepanjang update untuk aplikasi tersebut tersedia.
Update ini juga ditujukan untuk aplikasi SIMSOFT HMS yang sudah dibeli, tetapi pada saat digunakan oleh hotel terdapat error/bug. Update ini tidak ada batas waktu.
3. Biaya upgrade.
Kami mengenakan biaya untuk upgrade. Upgrade berupa peningkatan versi. Misalnya dari SIMSOFT HMS Paket A menjadi SIMSOFT HMS Paket B. Biaya yang harus dibayar oleh pembeli adalah selisih harga pembelian Paket A (Pada saat pembelian) dengan harga jual Paket B (Pada saat upgrade).
4. Tidak ada biaya bantuan online.
Kami akan selalu berusaha untuk membantu pembeli SIMSOFT HMS. Bantuan online ini kami bagi menjadi 2 katagori:
- Emergency, Pembeli dapat menghubungi segera.
- Biasa, Pembeli dapat membuat jadwal untuk pemberian update/perbaikan/tranning via remote PC.
SIMSOFT HMS memiliki fitur untuk memperbaiki database jika mengalami kerusakan. Pembeli dapat melakukan memperbaikan sendiri jika ada kerusakan database.
5. Biaya kunjungan.
Setiap kunjungan atas permintaan pembeli/hotel dikenakan biaya. Biaya kunjungan dikenakan sebesar Rp. 2.000.000,00 untuk paling lama 2 hari kalender. Pembayaran biaya kunjungan dilakukan terlebih dahulu. Biaya transportasi dari Jakarta serta biaya akomodasi hotel ditanggung oleh pembeli/hotel.